Penyebab Kista Payudara

Benjolan pada payudara yang paling sering diderita oleh kebanyakan wanita adalah kista jinak, biasanya dimulai dengan proses fibrokistik. Kista payudara ini berhubungan dengan stimulasi siklus hormonal dan cenderung berkurang setelah menopause. Kista secara tipikal berbentuk bulat sampai sedikit lonjong, lunak dan elastis, dan dapat digerakkan secara bebas. Tidak ada pelekatan ke struktur-struktur disekitarnya, dan karena itu tidak berhubungan dengan cekungan (dimpling) atau retraksi puting susu.

Pada umumnya, kista payudara tidak nyeri tekan pada palpasi, namun kista dapat menjadi nyeri tekan sebelum menstruasi. Kista seringkali multipel dan bilateral dan biasanya simetris baik dalan satu payudara dan diantara payudara. Biasanya besarnya bervariasi sesuai siklus menstruasi. Besarnya kista bisa berubah menjadi paling kecil setelah menstruasi, oleh karena itu wanita yang mengidap kista payudara pada usia produktif sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada fase ini, dengan tujuan untuk meminimalkan siklikal “positif”.

Tanda-tanda kista payudara, yakni :

- Rasa nyeri pada payudara di luar periode menstruasi
- Tumbuh benjolan baru yang asing pada payudara
- Terjadi perubahan-perubahan yang mencurigakan pada payudara
- Payudara tampak memerah
- Payudara terasa panas dan bengkak
- Keluarnya cairan atau darah dari puting susu
- Adanya benjolan pada ketiak

Kista payudara bisa tumbuh hanya satu (tunggal), bisa juga banyak. Kedua nya bersifat jinak. Ada beberapa jenis kista payudara. Kista tunggal tidak menimbulkan nyeri seperti pada kista yang lainnya. Kista payudara muncul setelah pubertas, dan menghilang setelah menopause. Namun, melihat benjolannya harus dibedakan dengan tumor payudara fibroadenoma.

Penyebab Kista Payudara

Penyebab kista payudara masih belum diketahui secara pasti. Ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa kelebihan hormon estrogen merupakan penyebab berkembangnya kisa payudara. Setiap payudara berisi15-20 lobus dari jaringan kelenjar tersusun seperti kelopak bunga daisy. Lobus dibagi lagi menjadi lobulus yang lebih kecil yang menghasilkan susu selama kehamilan dan menyusui. Jaringan ini didukung oleh lapisan yang lebih dalam dari jaringan ikat yang disebut stroma .

Kista payudara berkembang bila terjadi pertumbuhan berlebih dari kelenjar dan jaringan ikat ( perubahan fibrokistik ) pada saluran susu, menyebabkan kelenjar membesar dan terisi dengan cairan.

Jenis-Jenis Kista Payudara

1. Microcysts

Kista payudara jenis ini bentuknya terlalu kecil untuk dirasakan pada pemeriksaan sadari tapi bisa dilihat selama tes pencitraan, seperti mamografi atau USG .

2. Macrocysts

Bentuknya cukup besar dirasakan dan dapat tumbuh sekitar 1 hingga 2 inci ( 2,5-5 cm ) diameter kistanya. Kista payudara yang besar bisa memberikan tekanan pada jaringan payudara di dekatnya, menyebabkan nyeri dada atau ketidaknyamanan.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kista Payudara and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>